5 Cara Terbaik Yang Dilakukan Mengatasi Anak Susah Makan

mengatasi anak susah makanal sayur sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang susah makan adalah mengetahui apa penyebab anak menjadi susah makan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi anak menjadi susah makan yaitu faktor fisik dan psikologis anak. Faktor fisik yang dapat menyebabkan anak susah makan adalah karena adanya gangguan pada organ pencernaan anak atau gangguan kesehatan lainnya. Selain faktor fisik faktor psikologis juga dapat menjadi penyebab anak menjadi susah makan, bahkan faktor psikologis inilah yang seringkali menjadi penyebab mengapa anak menjadi susah makan faktor psikologis yang kerap menjadi alasan mengapa anak susah makan adalah rasa cemas, depresi, takut dan lain sebagainya. Orang tua juga berpengaruh terhadap kebiasaan susah makan anak, kebiasaan orang tua yang kurang memberikan variasi pada menu makanan anak dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan anak suka pilih-pilih makanan dan tidak terbiasa dengan makanan baru sehingga anak menjadi susah makan.

Lalu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi masalah anak susah makan. Ada 5 cara terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah anak yang susah makan :

Cara 1 . cara pertama yang dapat anda lakukan adalah jangan memaksa atau mengancam anak ketika tidak mau makan.

Tindakan mengancam dan memaksa anak untuk makan bukanlah solusi terbaik yang dapat anda gunakan, untuk menghadapi kebiasaan anak yang susah makan memang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Dengan mengancam atau memaksa anak justru membuat anak menjadi semakin takut dan depresi yang dapat memperburuk keadaan atau bahkan anak akan mulai merasa takut dengan anda. Akan lebih baik jika anda mengajaknya bermain-main terlebih dahulu sehingga anak akan merasa nyaman dan bernafsu untuk makan makanan yang telah anda siapkan.

Cara 2. Cara kedua adalah dengan mengatur waktu makan anak sejak dini.

Aturlah waktu makan anak sejak anak sudah mulai diperkenalkan dengan makanan, hal tersebut bertujuan agar anak menjadi terbiasa makan apabila telah tiba waktunya.

Cara 3. Cara ketiga adalah atur porsi makan anak.

Apabila anak sudah mulai susah makan maka sebaiknya anda mulai mengurangi porsi makan anak karena jika anda menyediakan makanan dalam porsi besar sekaligus anak akan merasa bosan dan tidak berselera dalam memakannya.

Cara 4. Cara keempat adalah dengan memberikan menu makanan yang bervariasi

Menyiapkan menu makanan yang bervariasi juga dapat membantu anda mengatasi masalah anak yang susah makan. Makanan yang terkesan monoton akan membuat bosan dan jenuh anak sehingga anak tidak berselera untuk menyantapnya. Buatlah variasi-variasi makanan yang menarik sehingga anak akan tertarik dalam memakannya. Namun yang harus diingat adalah sajikan makanan yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Cara 5. Cara kelima adalah mengajak anak untuk ikut serta dalam membuat makanan

Cara terakhir yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi anak susah makan adalah dengan mengajak anak melihat atau bahkan ikut membuat makanan yang akan disajikan. Hal tersebut dapat mendorong anak merasa tertarik atas makanan apa yang disajikan.

Nah itulah tadi beberapa cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk mengatasi anak susah makan. Namun apabila ke lima cara tersebut sudah dilakukan namun anak masih tetap saja sulit untuk makan, maka akan lebih baik jika anda mengkonsultasikannya pada dokter.

Baca juga artikel lain tentang masalah makan, yaitu tips cara mengatur jadwal makan yang baik, sehingga bisa sehat sepanjang waktu

Incoming search terms:

  • tips tentang pendidikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *