Tips Cara Memilih Ikan Segar dan Baik

Caratipstrik.comTips Memilih Ikan Segar – Tips Cara Memilih Ikan Segar dan Baik. Tidak biasa ke pasar dan belum tahu cara beli makanan. Apalagi harus memilih bahan makanan yang berkualitas dan segar. Ingin memasak dengan menu yang sehat menjadikan ikan sebagai pilihan utama sebagai lauk. Sudah tahu kah anda ciri ikan yang segar, mari kita simak tulisan dibawah ini:

 

Tips Memilih Ikan Segar dan baik
Tips Memilih Ikan Segar dan baik

Inilah beberapa Tips Memilih Ikan Segar dan baik dilihat dari bagian-bagiannya ;

1. Mata ikan

Mata ikan ikan segar hampir sama pada saat hidup tapi kalau belum tahu menahu, cirinya adalah mata iakn segar terlihat, bening, menonjol, dan cembung. Bila anda dapatkan ikan yang matanya sayu atau redup, berwarna kelabu, dan matanya diselimuti lendir ada baiknya mengurungkan niat anda untuk membelinya. Pilihlah jenis ikan yang memang segeare untuk alasan sehat dan citarasa.

2. Insang Ikan

Tips memilih insang ikan ini sebenarnya sudah tidak biasa ditelinga karena kita hanya membedakan warna yang terang dan tidak dari warna aslinya. Insang yang segar memiliki warna dari merah tua, cerah atau terang, serta tak berbau asing. Ciri insan yang tidak segare berbalik dari ciri segarnya tentunya yaitu insangnya pucat atau gelap dan kotor, keabu-abuan, berlendir, serta berbau busuk.

3. Lendir Ikan

Lagi-lagi ciri utama yang tidak segar adalah yang berbau busuk. Untuk lendir ikan segar cemerlang,  transparan dan homogen bila sudah tidak homogen atau berwarna kekuningan dan atau berwarna putih susu maka bisa dikatakan itu tergolong kategori tidak segar.

4. Kulit ikan

Kulit ikan sehat masih berwarna segar cemerlang dan tidak pudar. Sementara yang busuk tidak terlihat segar, busuk dan berwarna pudar.

5. Sisik Ikan

Apabila sisik ikan mlekat dengan kuat dengan warna yang mengkilat dengan bercirikan trtutup lendir, sisik yang utuh atau belum banyak hilang.

6. Tanpa luka-luka

Organisme renik atau parasit akan lebih suka hinggap apabila kondisi ikan yang memiliki luka-luka ataupun patah-patah. Badan ikan juga masih terasa keras itu lbih baik.

7. Sirip kuat

Bila sirip telah menandakan kelemahannya yaitu mudah patah dan berbau busuk. Hal itu memasukkan ciri ikan yang tidak segar.

Bila anda sudah mengerti penjelasan Tips cara memilih ikan segar, dan baik, kegiatan belanja bahan makanan pub bila dimulati tanpa keraguan.

Referensi:

Sunardi, Yohanes. 2008. Sehat itu Pilihan. Andi Offset: Yogyakarta

Incoming search terms:

  • cara memilih ikan yang baik
  • cara memilih ikan segar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *