Tips untuk Backpacker Pemula

Caratipstrik.comTips untuk Backpacker Pemula. Bayangkan bila kita berada pada tempat, dimana kita sedang duduk di depan tenda. Bola mata kita sedang merekam keindahan alam yang telah dianugerahkan oleh Tuhan. Hanya membutuhkan puluhan langkah danau yang terhampar, berbuihkan gelembung hasil ikan yang sedang bermain. Danau yang dijatuhi oleh ribuan debit air yang tergelincir dari celah tebing yang berasal dari gunung yang tinggi. Suhu udara yang sejuk, angin sepoi-sepoi berbaur dengan ocehan kawan sejawat. Bau makanan yang sedap untuk sarapan sedang berpencar di sekitaran, menelusuri indera penciuman. Membaringkan badan melihat sinema alam langit sedang memainkan perannya, awan yang saling berkejaran dengan wardrobe biru. Sungguh suatu kesyukuran dan keindahan tiada tara yang telah Tuhan berikan.

Tips untuk Backpacker Pemula
Tips untuk Backpacker Pemula

Tinggal di negeri surga Indonesia ini rasanya tidak afdal bila keindahan alam itu kita mubazirkan anda juga bisa membandingkannya dengan negeri lain di bumi ini. Mari memulai mengangkat ransel menuju k tempat nan indah itu. Kita tidak akan mengandai karena semua akan menjadi kenyataan bila anda melakukan hal dibawah ini sebagai seorang backpacker. Baik untuk para pemula maupun yang sudah sering menjelajah berikut tips memulai backpacker:

1. Cari tahu tempat yang akan dikunjungi

Ada om google, ada buku-buku yang menyajikan informasi mengenai tempat yang ingin kalian kunjungi. Apabila tempat itu terpencil atau sulit mendapatkan informasi coba kamu tanya teman kamu atau temannya teman kamu yang petualang atau anak mapala yang memang suka mengeksplorasi tempat-tempat yang seperti itu.

2. Siapkan Barang-Barang yang diperlukan

Barang yang biasa dibawa adalah daypack, pakaian scukupnya, obat-obatan pribadi, alat mandi, alat elektronik, uang (untuk hal ini sebagai seorang backpacker kita harus lebih rinci dan jangan boros, pengeluaran uang hanya untuk hal yang penting dan usahakan ada cadangan uang), raincoat, alas kaki dan aksesories lainnya yang penting untuk detailnya disini usahakan bawa barang yang sesimpel mungkin, misalnya satu daypack. Sebagai seorang backpacker pemula, kita harus mandiri termasuk jaga barang kalau bukan anda siapa lagi.

3.  Managemen Pejalanan

Info lokasi sudah ada, nah persiapan selanjutnya atur perjalanan anda. Pertanyaan yang harus dijawab adalah berapa harga transportasinya, berapa lama estimasi waktu yang diperlukan untuk sampai atau mungkin saja ada kenalan atau orang yang bisa dihubungi. Bila anda telah mengetahui informasi itu anda bisa meminimalisir pengeluaran supaya anda tidak “dibodoh-bodohi”. Kan sudah tahu kisaran harganya. Untuk masalah waktu yang diperlukan perlu dihitung juga jangan sampai waktunya kelebihan akan menguras pengeluaran dan apabila kurang waktu akan berbuntut pada kurang puas. Bayangkan bila diluar perkiraan anda, perjalanan yang memerlukan 4 hari ternyata di lapangan membutuhkan waktu 8 hari. Akibatnya kamu hanya mengeluarkan waktu anda di perjalanan bukan menikmatinya.

4. Saat sampai dilokasi

Bila dilokasi ada penginapan tentunya kita cari yang cukup murah. Bila anda menginap di penginapan murah yang mengharuskan tidur yang banyak orang seperti hostel atau budget inn . Kamu harus jeli memperhatikan keamanan barang. Biasanya walaupun murah budget inn juga menyediakan locker untuk menyimpan barang seperti lemari kecil beserta kuncinya. S

Upzz… buat kalian pecandu sosial media, urungkan sedikit niatmu untuk membuka-buka sosial media kecuali bila anda hanya ingin memberi kabar. Kalau urusan narsis-narsis dengan media sosial hingga mengambil waktu yang banyak. Mendingan.. Fokus menikmati perjalanan anda. Itulah tadi beberapa tips untuk Backpacker Pemula.

Photo: Location           : Danau Biru, Sulawesi Tenggara Photographer :  Baso Hamdani

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *